Masyarakat Dihimbau Pilah Sampah Organik dan Non Organik Sebelum Dibuang ke TPS

Berita Aktual Buletin Berita

Kupang, swarakasih — Kepala Dinas Kebersihan dan Pertamanan Kota Kupang,  Jerry Padji Kana menghimbau masyarakat Kota Kupang untuk memilah sampah organik dan non organik sebelum dibuang ke Tempat Pembuangan Sampah (TPS)

“Jika tidak dipilah, petugas kebersihan akan kesulitan memilah sampah organik maupun sampah non organik ketika sampah sudah berada di Tempat Pembuangan Akhir (TPA),” katanya di Kupang, Rabu (13/2/2019).

Menurut Padji Kana, sampah organik adalah jenis sampah yang bisa terurai seperti daun kering, sampah dapur, dan segala hal yang bisa terurai. Sedangkan sampah non organik merupakan sampah yang tidak bisa terurai seperti plastic, besi, pecahan kaca, dan lainya.

Oleh karena itu dia mengimbau agar kedua sampah tersebut tidak dicampur dan dibuang bersamaan, karena dengan keterbatasan lahan di TPA akan menyulitkan petugas dinas kebersihan untuk pemusnahan maupun didaur ulang.

Saat ini di Kelurahan Oebufu, ada masyarakat di beberapa RT sudah mempunyai kesadaran untuk memilah sampah organik dan non organik sebelum dibuang ke TPS. “Kami dari Dinas Kebersihan sangat mengharapkan seluruh masyarakat Kota Kupang dapat memilah jenis sampah agar petugas kami tidak kesulitan dalam mengolah sampah menjadi produk yang digunakan kembali,” katanya. (ny)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *