Aparat BPBD NTT Harus Bekerja Dengan Hati

Berita Aktual Buletin Berita
Wakil Gubernur NTT, Joseph Nae Soi saat memberi sambutan pada kegiatan BPBD NTT, (humas NTT)

Kupang,swarakasih — Wakil Gubernur NTT, Josef Nae Soi minta semua elemen pelayanan masyarakat, khususnya aparatur Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) NTT agar mampu bekerja dengan hati.

“Tugas BPBD adalah tugas mulia yang bisa menyelamatkan jiwa manusia dan harta benda serta lingkungan. Untuk itu aparatur BPBD harus selalu siaga untuk melayani dengan hati sesuai tugas yang diberikan,” kata Wagub Nae Soi dalam sambutannya pada Rapat Penguatan Kelembagaan BPBD NTT, Senin (6/5/2019) di Kupang.

Rapat Penguatan Kelembagaan BPBD diharapkan dapat membangun koordinasi dan diskusi sehingga dapat menghasilkan substansi yang maksimal, hingga adanya rencana aksi yang berkontribusi bagi masyarakat NTT.

Menurut Wagub Nai Soi, aparat BPBD harus berada paling depan dalam mengurangi kefatalan resiko bencana karena tugas BPBD adalah meminimalisasi dan memitigasi resiko bencana dan mengembalikan faktor psikologis orang-orang yang terganggu karena terkena bencana.

Sementara itu Sekretaris BPBD NTT, Ambrosius Kodo mengatakan, provinsi NTT tidak luput dari beberapa potensi rawan bencana, seperti kekeringan, longsor, banjir, gempa bumi, angin puting beliung, abrasi, gelombang tinggi dan gunung meletus.

“Akibatnya mengganggu kehidupan manusia yang berdampak pada timbulnya korban jiwa, hilangnya harta benda, kerusakan lingkungan dan dampak psikologis lainnya,” kata Kodo.

Dikatakannya, mengingat ancaman bencana yang begitu tinggi dan memerlukan penanganan yang cepat, maka diperlukan koordinasi yang baik dengan melakukan rapat penguatan lembaga BPBD, mitra pembangunan dan lembaga agama dalam menghadapi bencana. (andi/biro humas NTT)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *