Banggar Kota Kupang Dorong Pemkot Kupang Realisasikan Bantuan Posyandu

Uncategorized
Anggota Banggar Kota Kupang, Theodora Ewalde Taek

Swara Kasih.Com – Sebanyak 103 Posyandu yang tesebar di Kota Kupang, belum mendapat bantuan sosial sebesar 6 juta rupiah, padahal peran para kader posyandu ini sangat penting dalam mengatasi persoalan balita di Kota Kupang. Untuk itu, Badan Anggaran atau Banggar DPRD Kota Kupang meminta pemkot memperhatikan kader posyandu dan segera merealisasikan bantuan tersebut.

Anggota Banggar DPRD Kota Kupang, Theodora Ewalde Taek mengatakan, kader posyandu yang dalam tugas pelayanan mendeteksi tumbuh kembang balita, seharusnya diutamakan pemerintah dalam sentuhan bantuan anggaran. Bangar mendorong pemerintah segera merealisaikannya.

Ewalde merincikan, bantuan sosial sebesar 6 juta rupiah itu, digunakan posyandu untuk berbagai urusan. “Mulai dari intensif, biaya operasional sampai biaya adminitrasi. Anggaran itu perlu dikucurkan agar kader posyandu tidak menjadi beban di masyrakat, sebab setiap kali bertugas, para balita wajib diberikan makanan tambahan atau PMT.” Jelas Ewalde.

Pada sisi lain, Ewalde juga mendorong para kader posyandu untuk memasukan laporan pertanggungjawaban penggunaan bantuan keuangan tersebut tepat waktu, agar cepat disalurkan di bagian keuangan. “Pemerintah Kota Kupang melalui badan keuangan, saat ini sedang melakukan verifikasi posyandu yang belum diberikan bantuan. Alasan utamanya karena keterlambatan dimasukannya laporan petangungjawaban itu. Karena itu, saya mendorong para kader posyandu, selain melaksakan tugas-tugas kemanusiaan, juga memperhatikan dan menyusun laporan dengan baik, agar anggaran bisa disalurkan tepat waktu, pada awal bulan tahun angaran” Tegas Ewalde.

Sementara itu, Ketua Fraksi Partai Golkar DPRD Kota Kupang, Jemari Joseph Dogon juga mendorong agar anggaran  itu secepatnya disalurkan, sebab banyak keluhan dari posyandu terkait kekurangan sarana dan prasarana pelayanan. Untuk itu, pemerintah wajib memperhatikan hal ini. (NYONGKI)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *