Bursa Inovasi Desa Dapat Memberi Motivasi dan Inovasi

Berita Aktual
Wakil Bupati Kupang Jerry Manafe pose bersama sejumlah Kepala Desa (foto: humas Kabupaten Kupang)

Kabupaten Kupang,swarakasih — Salah satu upaya pemerintah untuk meningkatkan dan mendorong pemanfaatan dana desa yang lebih berkualitas dalam meningkatkan kesejahteraan masyarakat desa, maka perlu dikembangkan potensi yang ada dengan program inovasi desa.

“Pelaksanaan Bursa Inovasi Desa diharapkan dapat memberikan motivasi dan inovasi-inovasi baru bagi desa untuk berpartisipasi dalam proses menggali dan memanfaatkan potensi yang ada dengan menggunakan dana Desa secara baik dan bertanggung jawab,” kata Wakil Bupati Kupang, Jerry Manafe pada pembukaan kegiatan Bursa Inovasi Desa Zona IV dan Rapat Koordinasi Desa Tingkat Kabupaten Kupang, Selasa (30/7/2019) di Gereja Imanuel Baumata, Kabupaten Kupang.

Wakil Bupati Jerry Manafe pada kesempatan tersebut mengajak Kepala Dinas Penanaman Modal Daerah (PMD) kabupaten Kupang, Para Camat se Kecamatan Taebenu, Nekamese, Kupang Barat, Semau dan Semau Selatan dan Kepala Desa untuk selalu bergandengan tangan membangun desa masing-masing menjadi desa yg maju, mandiri dan sejahtera.

“Kita perlu mengubah cara berpikir kita dengan bekerja demi pembangunan Kabupaten Kupang yang lebih baik dengan mengelola dana desa secara profesional,” tegas Manafe.

Dikatakannya, dana desa jangan hanya dipakai untuk pembangunan infrastruktur saja, tetapi gunakan dana desa secara profesional untuk hal-hal yang lebih efektif dan inovatif. “Soal infrastruktur percayakan kepada pemerintah provinsi dan pemerintah Kabupaten,” tegasnya.

Wakil Bupati Jerry Manafe juga meminta kepada para Kepala desa agar gunakan potensi yang ada di desa dan dikembangkan dengan baik sambil melihat peluang demi mendatangkan kesejahteraan bagi masyarakat desa masing-masing.

“Dinas PMD, Camat dan Kepala Desa harus pro aktif melihat program desa dengan melakukan kreasi dan kolaborasi untuk bersama bersinergi membangun desa menjadi maju dan sejahtera,” kata Manafe.

Wakil Bupati juga meminta agar perlu diadakannya Bimtek Undang-Undang Desa agar menjawab semua kebutuhan dan peruntukannya secara jelas, sebab kegiatan Bursa Inovasi Desa merupakan bagian dari komitmen untuk melaksanakan amanah UU Nomor 6 Tahun 2014 tentang Desa. (andi)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *