Di Kabupaten Kupang, Angkatan Kerja Tidak Seimbang Dengan Lapangan Kerja

Berita Aktual
Wakil Bupati Kupang Jerry Manafe pose bersama Karang Taruna Kelurahan Tarus, Kabupaten Kupang (foto:humas kabupaten Kupang)

Oelamasi,swarakasih — Meningkatnya angka pengangguran yang cukup tinggi dihampir semua wilayah disebabkan karena adanya ketidakseimbangan antara pertambahan angkatan kerja baru setiap tahun dan pertumbuhan lapangan kerja yang sangat sedikit.

“Upaya untuk mengurangi pengangguran, pemerintah pusat telah menetapkan program peningkatan kesempatan kerja bagi pencari kerja atau yang sedang merintis suatu usaha sebagai program prioritas,” kata wakil bupati Kupang, Jerry Manafe saat penutupan Pembekalan Wirausaha Tenaga Kerja Mandiri, Senin (30/9/2019) di Bengkel Kreatif Kerajinan Tangan, Kelurahan Tarus. Kecamatan Kupang Tengah.

Menurut Wakil Bupati Jerry Manafe, untuk mengurangi jumlah angkatan kerja di Kabupaten Kupang, pada anggaran tahun 2019 pemerintah Kabupaten Kupang mendapat alokasi sebanyak 3 paket bantuan fasilitas usaha skala kecil bagi kelompok usaha pemula yang berbakat dan memiliki jiwa berwirausaha, seperti kelompok pemuda kreatif Gatra di Kelurahan Tarus.

“Tujuan dari program ini adalah untuk menciptakan lapangan kerja baru guna mengurangi tingkat pengangguran,” jelas Manafe.

Pemerintah Kabupaten Kupang brsama pemerintah pusat katanya telah berupaya melakukan berbagai kebijakan dan program untuk meningkatkan produktifitas tenaga kerja dengan berbagai terobosan, antara lain menciptakan wirausaha baru melalui pembekalan tenaga kerja mandiri.

Pembekalan tenaga kerja mandiri dimaksudkan agar tenaga kerja mampu memanfaatkan potensi diri dan sumber daya alam yang ada disekitarnya sehingga menghasilkan produk baru yang inovatif dan memiliki prospek pasar seperti yang dilakukan pemuda kreatif Gatra Tarus.

“Saya harap Karang Taruna Gatra kelurahan Tarus menjadi pemicu tumbuhnya wirausaha pemula menjadi wirausaha handal yang memiliki daya saing dan kompetitif serta kooperatif dipasaran dengan skill yang dimiliki,” harap Manafe. (andi)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *