KSP MONAFEN Raih Predikat CUKUP SEHAT

Berita Aktual Buletin Berita Uncategorized

Berdasarkan Peraturan Deputi Bidang Pengawasan Kementerian Koperasi dan UKM RI nomor 06/Per/Dep. 6/IV/2016, tanggal 19 April 2016 tentang Pedoman Penilaian Kesehatan Koperasi Simpan Pinjam dan Unit Simpan Pinjam, maka Dinas Koperasi, Tenaga Kerja dan Transmigrasi Provinsi NTT, telah melakukan penilaian Kesehatan terhadap KSP Monafen, sehingga KSP Monafen layak mendapat Predikat Cukup Sehat.

Predikat ini diberikan setelah melakukan penilaian Kesehatan terhadap KSP Monafen, dengan melihat 7 aspek, yaitu, aspek permodalan, kualitas Aktiva Produktif, Manajemen, Efisiensi, Likuiditas, Kemandirian, Pertumbuhan dan Jati Diri koperasi. Penghargaan ini diberikan oleh Dinas Koperasi, Tenaga Kerja dan Transmigrasi Provinsi NTT dalam kegiatan Rapat Anggota Tahunan ke 21 Koperasi Simpan Pinjam Monafen, di desa Teunbaun – Amarasi Barat, Rabu, 26 Februari 2020.

Dengan predikat cukup sehat ini, Dinas Koperasi, Tenaga Kerja dan Transmigrasi Provinsi NTT berharap, harus ada perbaikan terhadap tujuh aspek tersebut, agar di Tahun Buku 2020, KSP Monafen dapat meraih predikat Sehat, sehingga kesejahteraan semua anggota dapat terwujud melalui pelayanan yang diberikan oleh KSP MONAFEN.

Sementara itu, Plt. Kepala Dinas Koperasi, Tenaga Kerja dan Transmigrasi Provinsi Nusa Tenggara Timur – Sylvia Peku Djawang, dalam sambutan yang dibacakan oleh Kepala Bidang Pemberdayaan Usaha Kecil dan Menengah (UKM) pada Dinas Koperasi dan UKM Kabupaten Kupang – Agustinus Funay, saat menghadiri kegiatan Rapat Anggota Tahunan ke 21 Koperasi Simpan Pinjam Monafen, di desa Teunbaun – Amarasi Barat, Rabu, 26 Februari 2020, mengatakan : “Dari jumlah koperasi sebanyak 4.185 unit yang ada di 22 kabupaten/Kota se-NTT, tercatat hanya ada 3.822 unit koperasi yang aktif, dan 363 unit lainnya masuk dalam kategori Koperasi yang tidak aktif”.

Menurut Sylvia Peku Djawang, KSP Monafen telah memberikan andil yang cukup terhadap pemberdayaan ekonomi rakyat melalui unit Simpan Pinjam, dengan aset yang mencapai 30 milyar, 531 juta, 562 ribu 989 rupiah, dengan jumlah anggota sebanyak 3.645 orang. Dan untuk mendorong pertumbuhan dan perkembangan koperasi agar bermanfaat bagi anggota, Sylvia Peku Djawang berharap, KSP Monafen bisa lebih meningkatkan daya saing koperasi, meningkatkan potensi pengelolaan koperasi, serta mampu memberikan pelayanan yang terbaik bagi anggota KSP Monafen.

Selain itu, Sylvia Peku Djawang juga berharap, para pengurus dan pengawas KSP Monafen harus mempunyai komitmen yang kuat untuk maju, dan mengelola usaha ini secara efektif dan efisien, sehingga mampu bersaing dengan badan usaha lainnya. Dan kepada setiap anggota dari KSP Monafen sebagai pemilik dan pengguna jasa koperasi, harus melaksanakan kewajiban terhadap koperasi dalam hal menyimpan simpanan pokok dan simpanan wajib, sebagai pemupukan modal sendiri koperasi. (the she)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *