Martinus Siki : Persoalan Sampah Adalah Persoalan Kita Bersama

Berita Aktual Buletin Berita Ekonomi
Calon Anggota DPD Ri nomor 43, Martinus Siki saat mengunjungi Pasar Tradisional di Kota Kupang pada Selasa (2/4/2019) (foto/andi)

Kupang, swarakasih.com — Persoalan sampah di Kota Kupang yang sampai saat ini belum dapat ditangani dengan baik oleh pemerintah setempat mendapat perhatian dari calon anggota DPD RI nomor urut 43, Martinus Siki.

Dalam kunjungannya ke Pasar Oeba dan pasar Kasih Naikoten pada Selasa, 2 April 2019, Siki mendapati belum tersedianya tempat-tempat sampah yang memadai serta tidak adanya tempat penampungan sampah yang seharusnya disiapkan oleh pemerintah Kota Kupang.

“Bila pemerintah menyediakan tempat sampah dan tempat penampungan sampah yang memadai, maka dipastikan tidak akan ada sampah yang berserakan, apalagi sampai menghalangi jalan dalam kompleks pasar,” katanya usai melakukan kunjungan di dua Pasar tradisional di Kota Kupang, Selasa (2/4/2019)

Selain itu katanya, perlu adanya kesadaran dari warga maupun pedagang di pasar-pasar agar tidak membuang sampah disembarang tempat, dan harus mengumpulkan sampah-sampah tersebut di tempat yang disediakan khusus.

Selain dapat menimbulkan penyakit, membuang sampah disembarang tempat juga dapat menghambat aliran air pada saluran drainase di sektar lokasi pasar sehingga drainase tidak berfungsi dengan baik.

“Bila saluran drainase tersumbat akibat membuang sampah di sembarang tempat, maka selain penyakit, dapat juga menyebabkan air meluap hingga ke jalan dan bahkan dapat menggenangi lokasi pasar,” katanya.

Untuk itu calon DPD RI nomor urut 43 ini meminta perhatian pemerintah Kota Kupang agar memberi perhatian yang serius terhadap persoalan sampah, serta mengajak masrakat untuk selalu menjaga kebersihan lingkungan karena persoalan sampah adalah persoalan bersama yang dapat menyebabkan penyakit yang dapat menyerang semua orang, apalagi para pedagang yang setiap waktu selalu berada disekitar tumpukan sampah.

Saat melakukan kunjungan atau bulusukan ke pasar Kasih Naikoten dan pasar Oeba Kota Kupang, Martinus Siki yang mempunyai kepedulian terhadap masyarakat ‘kecil’ mendapat sambutan hangat dari para pedagang serta warga yang sedang berbelanja.

Dalam kunjungannya itu, Martinus Siki didampingi sejumlah tim kerja serta relawan yang mempunyai perhatian terhadap nasib para pedagang sehingga para pedagang di dua Pasar itu merasa terhormat karena baru pertama kali seorang calon anggota DPD RI yang turun langsung kemasyarakat untuk mendengar aspirasi warga, apalagi pedagang di pasar. (andi)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *