Pemkot Kupang Akan Gelar Seleksi Pengisian 8 Jabatan Kepala Dinas

Berita Aktual Buletin Berita

Kupang,swarakasih.com — Kepala Badan Kepegawaian Pendidikan dan Pelatihan Daerah (BKPPD) Kota Kupang, Ade Manafe mengatakan, pemerintah Kota Kupang akan menggelar uji kompetensi untuk seleksi pengisian delapan jabatan Kepala Dinas yang lowong pada 25 Maret 2019 mendatang.

“Uji Kompetensi tersebut akan diperuntukan bagi pejabat eselon III A dan III B di lingkup pemerintah Kota Kupang,” kata Manafe, Kamis (14/2/2019) di Kupang.

Ade Manafe mengatakan, uji kompetensi untuk pengisian delapan jabatan kepala dinas yang lowong perlu dilakukan agar pejabat yang nantinya menduduki jabatan kepala dinas di delapan instansi pemerintah benar benar berkompeten dan dapat menjalankan tugas pokok dan fungsinya secara baik.

Menurutnya, dalam pelaksanaan uji Kompetensi nanti akan dibentuk Tim Panitia Seleksi yang terdiri dari dua orang pejabat di provinsi, dua orang akademisi dan satu orang dari non birokrasi yang paham tentang birokrasi.

“Tugas dari tim pansel dan assesor adalah meyeleksi pelamar yang melamar untuk pengisian jabatan yang lowong,” jelasnya.  

Selain uji kompetensi untuk seleksi pengisian Jabatan Eselon II di delapan Dinas dan Badan, akan dibuka juga seleksi untuk pengisian calon Sekertaris Daerah Kota Kupang.

Seleksi untuk Calon Sekda dilakukan secara lelang terbuka sehingga pejabat yang sesuai persyaratan dan berada di wilayah Provinsi NTT dapat mengikuti seleksi pengisian jabatan sekda.

“Sebenarnya untuk pengisian jabatan Sekda bisa saja pemerintah Kota Kupang melakukan lelang tertutup mengingat hampir semua pejabat eselon dua yang ada saat ini memiliki kelayakan dari segi kepangkatan,” jelas Manafe. Namun lanjutnya, pemerintah Kota Kupang punya pertimbangan tersendiri untuk dilakukan lelang terbuka agar persaingan pengisian jabatan lebih kompetitif dan pejabat sekda yang nantinya terpilih benar-benar berkualitas sesuai tugas pokok dan fungsinya.

“Waktu untuk seleksi Sekda definitif yakni selama tiga bulan. Ditargetkan waktu tersebut cukup untuk memilih Sekda definitef,” katanya.

Delapan Dinas yang lowong adalah Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi, Dinas Perhubungan, Badan Penanggulangan Bencana Daerah, Dinas Pariwisata,  Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil, Dinas Perindustrian dan Perdagangan, Dinas Pemuda dan Olahraga, serta Dinas Keluarga Berencana dan Keluarga Sejahtera. (ny)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *