PERPANJANGAN MASA SENSUS PENDUDUK ONLINE

Berita Aktual Buletin Berita Informasi Uncategorized
Kepala Badan Pusat Statistik Prov. NTT: Darwis Sitorus, S.Si, M.Si

Sensus penduduk (SP) Online  sebagai salah satu strategi baru untuk mengefektifkan dan mengefisiensi pendataan, diberlakukan sejak 15 Februari 2020 sampai dengan 31 Maret 2020. Akan tetapi seiring dengan situasi pandemi covid 19 yang sedang melanda dunia termasuk Indonesia, kegiatan SP Online ini diperpanjang masanya sampai tanggal 29 Mei 2020.

Kepala Badan Pusat Statistik (BPS) Provinsi NTT Darwis Sitorus, S.Si, M.Si dalam keterangan persnya yang dilakukan secara online pada 1 April 2020 mengatakan bahwa Sensus Penduduk Online yang pelaksanaannya dari tanggal 15 Februari 2020 sampai tanggal 31 Maret 2020 diperpanjang sampai tanggal 29 Mei 2020 seiring dengan masa berlakunya Darurat Nasional Tanggap Covid 19. Lebih lanjut,  Darwis Sitorus mengatakan bahwa tahapan ini mengakibatkan adanya perubahan jadwal Sensus Penduduk wawancara yang semula jadwalnya mulai tanggal 1 Juli sampai 31 Juli 2020 diundur menjadi 1 September sampai 30 september 2020.

Dalam kesempatan keterangan pers tersebut, Kepala BPS Provinsi NTT menyampaikan terima kasih kepada masyarakat Nusa Tenggara Timur yang telah berpartisipasi dalam SP Online. Lebih lanjut, Sitorus mengatakan bahwa ada 3 kabupaten yang sudah melampaui target dalam SP Online yaitu Flores Timur, Sumba Tengah dan Timor Tengah Utara. Sementara itu, ada 3 kabupaten/ kota yang sudah mendekati target yaitu Lembata, Kota Kupang dan Manggarai Barat. Terkait jumlah keluarga yang merespon kegiatan SP Online ini, Darwis Sitorus menjelaskan ada 21.562 KK yang merespon dan jumlah ini ada di Kota Kupang. Selanjutnya di Flores Timur sebanyak 17.176 KK yang merespon SP Online, di Manggarai Timur sebanyak 13.909 KK yang merespon, di Kabupaten Timor Tengah Selatan sebanyak 13.742 KK yang merespon. Sitorus berharap bahwa dengan kondisi saat ini, masyarakat tetap tinggal di rumah dan melakukan SP Online secara mandiri sampai tanggal 29 Mei 2020.

Di bagian akhir dari keterangan pers yang dilakukan secara online tersebut, Kepala BPS Provinsi NTT, Darwis Sitorus, S.Si, M.Si mengajak seluruh masyarakat untuk menggunakan peralatan tekhnologi komunikasi yang ada untuk meningkatkan partisipasi dalam SP Online, walaupun dari segi prosentase Provinsi NTT sudah cukup tinggi kemajuan partisipasi masyarakat dalam SP Online bila dibandingkan dengan provinsi lain. Darwis Sitorus berharap bahwa dengan perpanjangan masa SP Online ini, kabupaten/kota di NTT bisa melewati target dari yang dicanangkan sebelumnya bahkan bisa jauh lebih maksimal lagi. Darwis Sitorus juga mengajak masyarakat untuk memanfaatkan waktu perpanjangan ini untuk melakukan pendataan secara mandiri melalui SP Online.(EA)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *