Rapat Kerja Pimpinan Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Nusa Tenggara Timur

Berita Aktual Buletin Berita Uncategorized

Kementerian Agama sebagai instansi yang mempunyai tugas menyelenggarakan urusan pemerintahan di bidang agama, dinilai perlu membangun sinergi dan konsolidasi untuk memantapkan berbagai program kerja dari Kementerian Agama, agar selaras, baik yang di pusat maupun yang ada di daerah.

Bertolak dari hal itu, Jumat 7 Februari 2020 sampai tanggal 9 Februari 2020, Kanwil Agama Provinsi NTT melaksanakan Rapat Kerja Pimpinan (Rakerpim), guna mengevaluasi kinerja pelaksanaan anggaran tahun 2019 dan memantapkan pelaksanaan program Kementerian Agama tahun 2020.

Kepala Kanwil Kementerian Agama Provinsi Nusa Tenggara Timur – Drs. Sarman Marselinus, di awal Rakerpim di Hotel Swiss Belin Kupang mengatakan, ada 5 Aksi Prioritas Kementerian Agama yang digaungkan oleh Menteri Agama Republik Indonesia – Fachrul Razi. Yang pertama Pemberantasan korupsi. Hal ini sesuai dengan amanat Peraturan Menteri Negara Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi atau MenPAN-RB, nomor 10 tahun 2019 tentang perubahan atas Peraturan Menpan-RB nomor 52 tahun 2014, tentang Pedoman Pembangunan Zona Integritas Menuju Wilayah Bebas Dari Korupsi, dan Wilayah Birokrasi Bersih dan Melayani di lingkungan instansi Pemerintah.

Kedua, peningkatan kualitas haji dan pembenahan umrah. Ketiga, Pembenahan Pendidikan Keagamaan. Keempat, Deradikalisme melalui diklat aparatur, diklat juru dakwah, kampanye toleransi, sinergi Kementerian atau Lembaga dengan TNI-Polri serta Ormas. Kelima, Sertifikasi Halal, dengan memperhatikan prinsip akuntabel, tidak memberatkan, serta memiliki prosedur yang sederhana dan jelas.

Kakanwil Kemenag Provinsi NTT – Sarman Marselinus berharap, jajaran Kemneterian Agama Provinsi NTT mampu menjalankan Lima prioritas aksi Kementerian Agama di tahun 2020, dengan semangat moderasi beragama, sehingga pelaksanaan anggaran tahun 2020 ini, terjadi peningkatan kualitas pengelolaan anggaran, baik dari sisi perencanaan, pelaksanaan, dan pertanggung jawaban. Dan tentunya, hal ini sejalan dengan tagline Pemerintah Provinsi NTT yakni NTT BANGKIT NTT SEJAHTERA.

Kegiatan Rapat Kerja Pimpinan ini melibatkan 267 orang, yang terdiri dari para pejabat Eselon 3 dan 4 di lingkup Kanwil Kementerian Agama Provinsi NTT, Ketua Sekolah Tinggi Agama Kristen Kupang, Kepala Madrasah Negeri jenjang Aliyah, Tsanawiyah, dan Ibtidaiyah, serta Kepala Sekolah Menegah Agama Katolik Negeri . Rakerpim dibuka oleh Gubernur NTT – Viktor Bungtilu Laiskodat, yang diwakili oleh Asisten Satu Bidang Pemerintahan Sekda NTT – Drs. Jamaludin Ahmad.(drw)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *