Rencana Pemulangan Eks PSK KD, Kemensos Dan Pemkot Kupang Gelar Rakor

Berita Aktual Buletin Berita

Kupang, swarakasih — Rencana pemulangan eks Wanita Pekerja Seks (WPS) Karang Dempel (KD) Kelurahan Alak, Kota Kupang ke daerah asal masing-masing telah dibahas oleh pemerintah pusat dan pemerintah Kota Kupang melalui Tim Teknis yang terdiri dari Kementerian Sosial dan Dinas Sosial Kota Kupang.

Kepala Dinas Sosial Kota Kupang, retnowati mengatakan, rencana pemulangan eks WPS ke daerah asal masing-masing, tim teknis telah menggelar Rapat Koordinasi Komunikasi Informasi dan Edukasi (KIE) pada Senin (4/3/2019) di Kupang.

“Dinas Sosial telah menunjuk LSM Perjuangan sebagai Lembaga Kesejahteraan Sosial (LKS) untuk mendampingi proses pemulangan eks WPS ke daerah asal masing-masing”, kata Retnowati, Senin (4/3/2019) di Kupang.

Namun menurut Retnowati, proses pemulangan eks WPS KD Kupang hingga saat ini belum bisa dilaksanakan karena pemerintah Kota Kupang masih menunggu pencairan dana modal usaha dari Kemensos RI dengan tetap berkoordinasi dengan Dinsos Provinsi asal eks WPS tersebut untuk menerima proses pemulangan.

Sementara itu Direktur Rehabilitasi Sosial Tuna Sosial dan Korban Perdagangan Orang Kemensos, Sony W. Nawalu mengatakan, pasca penutupan Lokalisasi KD, sudah menjadi tanggung jawab pemerintah daerah maupun pemerintah pusat untuk memperhatikan nasib dari eks WPS.

“Untuk itu Kemensos RI melalui Bidang Rehabilitasi Sosial Tuna Sosial dan Korban Perdagangan Orang telah menyiapkan anggaran untuk menjadi jaminan bagi para eks WPS ketika sampai di kampung halamannya”, ungkap Nawalu.

Nawalu mengaku, dana jaminan yang disiapkan oleh Kemensos bagi setiap eks WPS ketika sudah dipulangkan ke kampung halamannya sebesar Rp 6 juta per orang. Jumlah tersebut mengalami kenaikan pada tahun 2019 jika dibanding pada tahun 2018 yang hanya sebesar Rp 5, 5 juta.

Rapat koordinasi Komunikasi Informasi dan Edukasi yang berlangsung sehari itu selain dihadiri Direktur rehabilitasi Sosial Tuna Sosial dan Korban Perdagangan Orang, Kemensos RI, KadisSosial Kota Kupang, juga dihadiri Penjabat Sekda Kota Kupang, Yos Rera Beka, Ketua MUI NTT, H.Abdul Kadir Makarim, Ketua LSM Perjuangan serta Eks WPS KD. (nyg)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *